SEKILAS INFO
: - Kamis, 02-12-2021
  • 5 bulan yang lalu / link resmi PPDB 2021 : https://sulsel.siap-ppdb.com/
  • 5 bulan yang lalu / Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi dimulai Tanggal 14 Juni 2021.
  • 6 bulan yang lalu / Sukses Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Semester 2 TP 2020/2021.
Gladi Bersih ANBK 2021

SMAN 8 Makassar | Rencana pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survey Karakter tahun 2021 sebagai pengganti Ujian Nasional pada akhir jenjang SMP dan SMA telah memasuki langkah konkret. Ujian Nasional 2018 benar-benar akan menjadi Ujian Nasional terakhir dalam sistem pendidikan nasional. Hal ini menjadi angin segar dan sekaligus menjadi tantangan khusus bagi penyelenggara sekolah, karena AKM dan Survey Karakter akan menggambarkan tingkat pencapaian kualitas kompetensi peserta didik sehingga menjadi gambaran kualitas sekolah yang otentik bagi kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Sejalan dengan itu, hari ini Senin (06/09/2021) siswa kelas XII SMA YPS Soroako mengikuti simulasi AKM dan survey karakter yang diintegrasikan dengan mata pelajaran pilihan pada hari kedua Gladi UNBK 2020. Simulasi AKM dan Survey Karakter hari ini diikuti seluruh siswa peserta Ujian Nasional SMA di seluruh Indonesia, di mana pada pekan lalu simulasi AKM dan survey karakter untuk siswa SMK. Pada simulasi ini Puspendik menyiapkan sebanyak 12 – 16 item soalan AKM dan 16 – 20 item soalan survey karakter. Semua soalan harus dikerjakan secara keseluruhan oleh siswa dalam waktu masing-masing 30 menit untuk AKM dan survey karakter.

Beberapa siswa ketika ditanya tentang kesan mereka terhadap pengalaman menjawab instrumen AKM dan survey karakter merasa sangat tertantang. Hal ini disebabkan karena pada AKM benar-benar menguji kemampuan logika dan kemampuan pemahaman bacaan, sedangkan pada survey karakter merefleksi diri pada sebuah situasi dan pengalaman nyata. Menurut Fiqri, model asesmennya enak sekali, dan hitungannya sedikit tapi logikanya sulit. Sedangkan menurut Nur Afifah, soal AKM teksnya terlalu panjang dan sulit dipahami, karena memang saya jarang membaca Pak. Sebenarnya pada AKM ini memang Kemdikbud fokus mengukur kemampuan literasi dan numerikal siswa. Karena berdasarkan laporan hasil tes PISA 2019 kedua aspek kompetensi ini menjadi masalah mendasar pada siswa di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR